Beranda » Kecantikan & Perawatan Tubuh » 5 Rekomendasi Lensa Kontak Terbaik 2023

5 Rekomendasi Lensa Kontak Terbaik 2023

Lensa Kontak Terbaik – Bosan menggunakan kacamata? Terlihat tua dan membosankan? Tahukah Anda, sekarang ini banyak orang memilih menggunakan lensa kontak. Jika Anda memakai lensa kontak, tidak akan merasa Lelah dan kerepotan karena harus memakai kacamata.

Menawarkan berbagai pilihan warna, lensa kontak dapat memberi penampilan yang berbeda. Waktu pemakaian lensa kontak pun beragam ada yang sehari, seminggu, dan bulanan. Sekarang ini, banyak merk lensa kontak dijual di pasaran. Untuk itu, agar Anda tidak merasa kebingungan dalam memilih lensa kontak yang tepat. Kami akan memberi tips memilih lensa kontak dan beberapa rekomendasi produk lensa kontak terbaik hanya untuk Anda. Ikuti terus ya!

Apa saja sih jenis lensa kontak?

Apa saja sih jenis lensa kontak terbaik

Perlu Anda tahu, sebelum istilah softlens menjadi terkenal orang lebih mengenal lensa kontak dalam jenis hardlens dan semi-hardlens. Umumnya hardlens ini terbuat dari kaca, namun lensa ini tidak nyaman digunakan karena menutupi seluruh bagian mata dan terasa berat. Dan semi-hardlens dibuat lebih lunak dari lensa kaca, tapi masih tergolong kurang nyaman, keras dan kaku saat dipakai.

Lalu, diciptakanlah lensa kontak berbasis air yang lebih lembut. Berbahan hydroxyethylmethacrylate (HEMA) atau sering disebut hydrogel konvensional. Bahan yang sering ditemukan pada softlens sekarang ini, dikombinasikan dengan silikon sehingga tak hanya lembut, namun lentur dan nyaman ketika digunakan.

Cara memilih lensa kontak terbaik

Agar Anda tidak kebingungan dalam memilih lensa kontak yang tepat, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum memilih lensa kontak. Yuk, simak penjelasan dibawah ini!

Sesuaikan lensa kontak dengan penggunaan

Pasti Anda memiliki tujuan penggunaan lensa kontak, tentu tujuan penggunaan lensa kontak Anda berbeda dengan orang lain. Ada yang ingin menggunakannya untuk membantu penglihatan mata minus dan silindris, atau menggunakan lensa kontak berwarna untuk menunjang penampilan.

Lensa kontak untuk mata minus

Lensa kontak untuk mata minus lensa kontak terbaik

Untuk Anda yang menggunakan lensa kontak untuk membantu melihat karena mata minus, perlu berhati-hati memilih ukuran minus mata Anda. Misalnya Anda memiliki minus mata di atas -4,00, dokter akan meresepkan lensa kontak dengan ukuran lebih rendah 0,25. Dan Anda yang memiliki minus mata di bawah -4,00, dapat menggunakan lensa kontak sesuai dengan kondisi mata sebenarnya, karena tidak ada jarak antara lensa dan kornea saat menggunakan lensa kontak.

Lensa kontak untuk mata silindris

Lensa kontak untuk mata silindris lensa kontak terbaik

Untuk Anda yang memiliki kondisi mata silindris, dapat menggunakan lensa kontak dengan jenis RGP. Lensa yang sering digunakan untuk mata silindris -1,00 hingga +1,00. Tak hanya itu, Anda yang memiliki kondisi mata silindris juga dapat menggunakan lensa kontak toric. Lensa yang dapat membelokkan cahaya sehingga penglihatan mata silindris bisa lebih baik. Namun, Anda dapat membelinya hanya dengan resep dokter.

Lensa kontak untuk penampilan

Lensa kontak untuk penampilan lensa kontak terbaik

Jika Anda menggunakan lensa kontak untuk penampilan, dapat memilih lensa kontak dengan berbagai ragam warna. Berbagai merk lensa kontak memiliki pilihan warna terang seperti, biru, coklat terang, abu-abu, atau hijau. Bahkan, ada merk lensa kontak yang menyediakan warna putih, merah, ungu, dan lainnya untuk kebutuhan khusus seperti cosplay.

Lensa kontak untuk melindungi kornea

Lensa kontak untuk melindungi kornea lensa kontak terbaik

Anda yang tinggal di negara tripis seperti Indonesia harus bersahabat dengan sinar matahari. Karena terlalu sering terpapar sinar UV dapat menyebabkan mata mengalami photokeratitis atau mata merah, mengganjal, dan lebih sensitive terhadap cahaya. Untuk itu, sangat penting untuk Anda mempertimbangkan lensa kontak yang memiliki UV protection. Sayangnya, tidak semua lensa kontak memiliki UV protection, perhatikan keterangan pada kemasan jika Anda ingin memilih lensa kontak yang UV protection.

Cek jangka waktu pemakaian lensa kontak

Cek jangka waktu pemakaian lensa kontak terbaik

Tahukah Anda? Lensa kontak adalah benda asing yang digunakan menempel langsung dengan kornea mata. Jadi, sangat penting untuk Anda memperhatikan jangka waktu pemakaian lensa kontak dan tanggal kadaluwarsanya. Lensa kontak memiliki masa pemakaian yang berbeda, ada yang 1 tahun, 6 bulan, 3 bulan, 2 minggu, dan harian. pastikan bahwa produk belum melampaui tanggal kedaluwarsa dan jangan melebihi aturan pakai ya.

Baca Juga  5 Rekomendasi Toner Aloe Vera Terbaik dan Terlaris 2023

Cek kadar air pada lensa kontak

Cek kadar air pada lensa kontak terbaik

Kadar air yang pada lensa kontak sering menimbulkan banyak pertanyaan. Ada yang menganggap dengan kadar air yang tinggi, lensa kontak akan nyaman digunakan. Lensa kontak dengan kadar air tinggi memang dapat lebih banyak meneruskan oksigen pada air. Namun, sebaiknya Anda mengenali kondisi mata Anda dahulu karena tidak semua orang cocok menggunakan lensa kontak dengan kadar air tinggi.

Kadar air pada kemasan menunjukkan kebutuhan lensa akan air, makin tinggi angkanya, makin banyak lensa kontak menyerap air dari mata. Jadi, jika Anda hanya memproduksi sedikit air mata, sebaiknya pilih lensa kontak dengan kadar air rendah yang dapat membantu menjaga kelembapan mata Anda karena lebih sedikit menyerap air.

Cek bahan lensa kontak

Umumnya, lensa kontak yang tergolong softlens memiliki dua jenis bahan utama, yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.

Lensa kontak dengan bahan HEMA

Lensa kontak dengan bahan HEMA Lensa Kontak Terbaik

Lensa kontak pertama yang tergolong softlens terbuat dari bahan hydroxyethylmethacrylate (HEMA). Berbahan lentur dan memiliki tekstur yang lembut sehingga nyaman digunakan. Softlens jenis ini memiliki kadar air yang bermacam. Semakin besar kadar air, maka makin banyak oksigen yang diteruskan ke mata. Softlens HEMA banyak disebut sebagai hydrogel konvensional bersifat water loving (hydrophilic) yang artinya mudah menyerap air. Hal ini yang menyebabkan softlens sering membuat mata terasa kering.

Lensa kontak dengan bahan silicone hydrogel

Lensa kontak dengan bahan silicone hydrogel Lensa Kontak Terbaik

Merupakan bahan yang paling baru, digunakan untuk membuat softlens. Bahan softlens yang memiliki keunggulan dari semi-hardlens berbahan rigid gas permeable (RGP) dan softlens berbahan HEMA. Tingkat kelenturan dan daya tembus oksigen yang sangat baik meski kadar airnya termasuk rendah. Softlens jenis ini dapat Anda gunakan selama 12 jam sehari, lho! Tentunya akan selalu memberi kenyamanan untuk Anda yang berada diruangan ber-AC sekalipun.

5 Rekomendasi Lensa Kontak Terbaik 2023

Berikut beberapa rekomendasi lensa kontak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk yang dipilih dengan mempertimbangkan kualitas dan review pembeli.

Princess Softlens Silinder (Toric Lens)

Princess Softlens Silinder (Toric Lens) Lensa Kontak Terbaik

Anda memiliki masalah mata silindris? Softlens Silinder (Toric Lens) dari Princess dapat menjadi pilihan terbaik. Merupakan softlens yang dapat digunakan untuk mata silindris yang tidak menghalangi Anda untuk memakai softlens berwarna.

Pilihan warna yang beragam sangat cantik dan cocok digunakan untuk mata orang Indonesia. Telah mengantongi setifikasi keamanan produk dari Lembaga di Korea, Kemenkes Indonesai dan juga ISO. Tentu akan membuat Anda yakin karena produk lebih aman dan nyaman saat memakainya.

FreshKon Alluring Eyes Daily

FreshKon Alluring Eyes Daily Lensa Kontak Terbaik

Jika Anda ingin memiliki lensa kontak yang berwarna natural, Alluring Eyes Daily dari FreshKon ini cocok untuk dipilih. Memiliki berbagai pilihan warna yang tidak membuat mata Anda terlihat jauh berbeda. Softlens ini sangat sempurna digunakan untuk Anda yang tidak menginginkan perbedaan terlalu mencolok. Berbahan nyaman, zona optikal yang dimiliki lensa kontak ini cukup lebar sehingga Anda tidak akan terganggu dengan motif warna dari softlens.

Bausch & Lomb Softlens 59

Bausch & Lomb Softlens 59 Lensa Kontak Terbaik

Memiliki mata yang cenderung sensitive memang sedikit menyita waktu. Misalkan memilih kontak lensa, Anda tidak boleh sembarangan karena akan membuat mata iritasi. Bausch & Lomb Softlens 59 produk keluaran Amerika Serikat ini dirangang mengikuti biologi mata manusia, sehingga akan memberi kenyamanan lebih pada mata.

Memiliki kadar air yang tinggi, dibuat menyerupai kornea mata untuk kenyamanan seperti tanpa menggunakan softlens. Tak hanya itu, material lensa kontak ini dapat mengurangi tumpukan protein pada mata yang menyebabkan softlens buram. Cocok untuk digunakan sehari-hari, tanpa membuat mata Anda perih karena material softlens ini efektif menghalau masuknya debu dan kotoran.

Baca Juga  5 Rekomendasi Cream Collagen Terbaik dan Terlaris 2023

Dream Color DC1 Matake

Dream Color DC1 Matake Lensa Kontak Terbaik

Jangan lewatkan penampilan mata yang indah, jika Anda sedang bersiap-siap menikah atau menghadiri acara pesta. Agar Anda dapat menarik perhatian dengan penampilan yang mempesona, gunakan softlens buatan Korea Dream Color DC1 Matake ini. Memiliki dua pilihan warna yang akan memancarkan aura princess di wajah Anda.

EXOTICON X2 Bio Brown Byonce

EXOTICON X2 Bio Brown Byonce Lensa Kontak Terbaik

Salah satu softlens yang cocok untuk Anda yang memiliki mata sensitive adalah X2 Bio Brown Byonce dari EXOTICON ini. Softlens yang nyaman digunakan dalam jangka waktu 8 jam ini memiliki berbagai pilihan warna yang menarik. Dengan diameter 14,5 dan kadar air 45% softlens ini memiliki enlarging effect yang membuat mata terlihat lebih besar dan bulat yang natural seperti mata boneka.

 

Sudahkah Anda menentukan produk lensa kontak yang terbaik? Lensa kontak memang menjadi pilihan yang tepat saat mata terasa pegal atau Lelah menggunakan kacamata terlalu lama. Apalagi, jika Anda memiliki gangguan rabun jauh, rabun dekat, atau mata silindris yang cukup tinggi. Jadikan artikel ini sebagai panduan Anda untuk menentukan produk pilihan. Semoga membantu!

Leave a Comment