Jual Foto

Cara Menjual Foto Online Pada Website Terpercaya

Jika kalian hobi untuk memotret sebuah objek seperti pemandangan ataupun lainnya. Ternyata saat ini foto tersebut tak hanya bisa kalian jadikan koleksi saja lho. Jika foto tersebut layak untuk dipublikasikan. Maka kalian bisa menjual foto tersebut melalui media online. Namun kalian juga perlu tahu nih cara menjual foto secara online yang bisa diterapkan.

Tak perlu khawatir jika kalian belum tahu beberapa cara menjual foto di internet. Sebab artikel ini akan memberikan penjelasan seputar cara menjual foto secara online. Selain itu kalian juga perlu tahu jika ada beberapa rekomendasi website jual foto yang bisa digunakan secara mudah lho. Apa saja rekomendasi website tersebut ? Ini dia penjelasan selengkapnya.

Opensea

Belakangan ini website Opensea memang sudah ramai jadi buah bibir di internet. Pasalnya memang sudah ada beberapa orang yang mendapatkan uang dari website Opensea. Sebenarnya sistemnya adalah kalian melakukan penjualan sebuah foto melalui website tersebut.

Namun untuk melakukan penjualan foto di Opensea. Kalian juga perlu tahu cara menjual foto di Opensea atau cara menjual foto di NFT. Sebab memang ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan terlebih dahulu agar foto kalian bisa terpampang pada halaman website Opensea. Lantas apa saja cara yang diperlukan dalam menjual foto pada website Opensea. Ini dia penjelasan akan hal tersebut.

  1. Pastikan kalian sudah memiliki akun Opensea dan dompet virtual terlebih dahulu sebelum memutuskan menjual foto pada laman website tersebut.
  2. Jika sudah memiliki, maka kalian bisa mencoba untuk membuka halaman website opensea.io.
  3. Berikutnya ketika website Opensea sudah terbuka, cobalah untuk login dengan akun yang sudah kalian miliki.
  4. Lanjutkan dengan masuk ke dalam menu profile. Menu profil ini berada pada bagian kanan atas website Opensea.
  5. Berikutnya kalian bisa memilih NFT yang akan dijual dari dompet virtual.
  6. Lanjutkan dengan memilih pilihan sell. Nantinya kalian akan bisa secara otomatis mendapatkan tampilan halaman penjualan.
  7. Lakukan pemilihan jenis dan harga jual. Pada tahap ini, kalian bisa memilih untuk menggunakan harga tetap atau harga lelang.
  8. Ketika proses pengaturan harga telah selesai. Lanjutkan dengan mencoba menggunakan pilihan complete listing.
  9. Ketika kalian melakukan proses penjualan pertama, biasanya akan ada sebuah verifikasi terhadap dua kali transaksi.
  10. Ketika proses pembayaran fee telah selesai. Lanjutkan dengan melakukan konfirmasi rincian penjualan. Terakhir kalian bisa melakukan post NFT yang akan dijual kembali di website Opensea.

Nah itulah beberapa cara mudah dalam melakukan penjualan foto pada website resmi Opensea.

Eyeem

Rekomendasi yang berikutnya adalah menggunakan aplikasi Eyeem. Dimana aplikasi Eyeem memang sangat populer di kalangan fotografer ketika ingin menjual koleksi hasil karya mereka. Meski terbilang cukup populer, namun tetap saja ketika menggunakan aplikasi tersebut juga diperlukan beberapa tahapan atau cara menjual foto di eyeem.

Mungkin beberapa diantara kalian belum tahu apa saja cara yang digunakan untuk menjual foto pada aplikasi Eyeem. Jika memang belum tahu, maka penjelasan yang ada di bawah ini akan lebih mudah membantumu.

  1. Siapkan foto yang akan dijual. Pastika foto tersebut memang berkualitas, tidak terlalu banyak mendapatkan editing, tidak ada objek tak penting di dalam foto tersebut dan memiliki titik fokus yang jelas.
  2. Lakukan unduhan aplikasi Eyeem dan install aplikasi tersebut.
  3. Jika sudah, lanjutkan dengan melakukan unggahan foto pada aplikasi Eyeem. Lengkapi semua deskripsi yang diperlukan seperti deskripsi dalam bahasa inggris dan tag yang akan mempermudah foto kalian untuk ditemukan oleh para pengguna aplikasi Eyeem.
  4. Jika memang foto tersebut memiliki unsur properti di dalamnya. Maka ketika foto tersebut di unggah, selang beberapa hari selanjutnya kalian akan diminta untuk melakukan konfirmasi model atau properti release.
  5. Selanjutnya adalah menentukan harga yang akan dibandrol kan pada foto. Aplikasi Eyeem menyediakan beberapa opsi paket yang mempermudah kalian menentukan harga. Mulai dari paket esensial, premium hingga partner.
  6. Terakhir, kalian bisa melanjutkan dengan membuat akun Paypal.
Baca Juga  Cara Download Video IGTV Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Dengan enam langkah di atas, kalian akan semakin mudah dalam menjual foto pada aplikasi Eyeem. Selain itu prosesnya juga terbilang cukup mudah lengkap dengan keamanan yang cukup terjamin.

Shutterstock

Selanjutnya adalah menggunakan website Shutterstock. Perlu diketahui jika Shutterstock adalah salah satu website yang bisa digunakan untuk menjual koleksi foto dengan harga yang cukup bervariasi. Bagi mereka yang suka melakukan unduhan foto bebas komersial pada website-website tertentu mungkin tak asing dengan tulisan Shutterstock.

Sama seperti dua poin sebelumnya, untuk menjual foto di Shutterstock diperlukan beberapa cara terlebih dahulu. Nah jika kalian belum tahu cara menjual foto di Shutterstock. Maka penjelasan di bawah ini bisa membantumu.

  1. Lakukan registrasi agar bisa menjadi salah satu kontribusi di Shutterstock.
  2. Jika sudah membuat registrasi, maka lanjutkan dengan melakukan konfirmasi akun. Proses konfirmasi akun ini memerlukan unggahan KTP dan juga password contributor. Maka dari itu siapkan terlebih dahulu dua hal tersebut.
  3. Buat akun Paypal.
  4. Lakukan unggahan foto. Sebelum itu foto yang akan diunggah harus tak memiliki watermark atau adanya unsur brand. Selain itu foto tersebut harus karya pribadi. Terakhir jika ada objek seperti orang, pastikan untuk melakukan konfirmasi model release.
  5. Tunggu pihak Shutterstock melakukan proses konfirmasi.
  6. Jika lolos seleksi, pihak Shutterstock akan melakukan keterangan pendapatan dari foto tersebut. Namun saldo yang bisa ditarik dengan Paypall adalah minimal 200 dolar.

Dengan menggunakan beberapa cara di atas. Kalian akan lebih mudah mendapatkan pundi-pundi uang dari website Shutterstock.

Website pribadi

Jika sebelumnya kita berbicara tentang website dan aplikasi milik orang lain. Namun kali ini kita mencoba untuk membicarakan tentang website pribadi. Kalian tak hanya bisa melakukan penjualan foto menggunakan website maupun aplikasi milik orang lain.

Jika memang ingin mendapatkan pendapatan secara lebih besar. Maka membuat website pribadi adalah pilihan terbaik. Dalam tahap ini tentunya kalian bisa menggunakan jasa pembuatan website terlebih dahulu.

Pastikan semua fitur yang ada di dalam website tersebut memang dinilai bisa membantu membuat proses transaksi menjadi lebih mudah. Selain itu menggunakan website pribadi juga memiliki kelebihannya tersebut.

Beberapa kelebihan yang akan kalian dapatkan ketika memutuskan untuk menggunakan website pribadi dalam penjualan foto adalah seperti bebas melakukan unggahan foto tanpa batas. Lalu dari segi pendapatan bisa 100 persen milik kalian pribadi karena tidak ada potongan seperti website atau aplikasi kompetitor lain.

Foto yang kalian unggah tidak akan mendapatkan saingan dari fotografer lain. Sebab dalam website tersebut hanya kalian pribadi yang bisa memiliki akses unggah foto. Namun proses ini akan bisa lebih lancar jika kalian bisa melakukan promosi dengan baik.

Itulah beberapa cara menjual foto secara online yang bisa kalian gunakan. Pilih yang menurut kalian lebih mudah dan tidak terlalu memberatkan soal transaksi, unggah dan penentuan harga.

About administrator