7 Rekomendasi Filter Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Filter Aquarium Terbaik – Gaya hidup diera sekarang menuntut semua orang untuk mempunyai kegiatan lain untuk hiburan disela-sela kesibukan atau rutinitas yang sangat padat. Sebagai sarana merefresh jasmani dan rohani sebelum kembali ke rutinitas yang penuh dengan tekanan baik dari waktu maupun dari lingkungan. Memelihara ikan hias di dalam aquarium untuk diletakkan di ruangan pribadi seperti di dalam kamar atau di ruang tamu menjadi hal yang populer disebagian masyarakat beberapa tahun ini. Bahkan ada sebagian dari Anda yang menjadikan ini penghasilan lain dari pekerjaan lainnya. Namun ada juga yang memelihara ikan hias sekedar untuk menyalurkan hobi. Dan bagi Anda yang memiliki hobi maupun ingin mendapatkan keuntungan lebih dengan memelihara ikan hias dalam aquarium, jangan pernah melewatkan filter aquarium, karena filter aquarium adalah salah satu komponen yang dibutuhkan dalam aquarium Anda.

Filter aquarium adalah komponen yang penting dalam aquarium, karena semakin bagus dan tepat sebuah filter akan berdampak baik terhadap kualitas air di dalam aquarium. Semakin tepat dalam pemilihan filter akan mengurangi frekuensi pergantian air dan pembersihan filter. Pertimbangkan beberapa hal diantaranya adalah :

  • Filtrasi mekanis yang berfungsi menyaring kotoran dan sisa makanan yang terlihat secara fisik
  • Filtrasi biologis oleh bakteri pengurai
  • Filtrasi kimiawi yang berfungsi untuk menghilangkan bau dan zar beracun yang ada dalam air

Cara memilih filter aquarium terbaik

Filter aquarium  sangat beragam, dan ada 3 model yang bisa anda pilih jika anda ingin menggunakan filter untuk aquarium anda.

Top Filter

Filter yang tepat untuk aquarium berukuran kecil, diletakkan di atas aquarium dengan kapasitas dan efisiensi filtrasi yang sangat baik.

External Filter

Filter yang dipasang di luar aquarium, sehingga tidak mengganggu pemadangan aquarium, juga dengan kapasitas filtrasinya yang tinggi.

Cartridge Filter

Digunakan sebagai aerasi dan filtrasi sekaligus, dengan harga terjangkau filter yang biasanya digunakan sebagai filter tambahan. Untuk filter jenis ini membutuhkan waktu rutin untuk pembersihan dan atau penggantian.

Sponge Filter

Filter jenis ini merupakan filter kombinasi yang cukup mudah dipasang di sudut aquarium. Dengan pori-pori halus pada filter spons bisa dimanfaatkan pada pembibitan udang. Namun kelemahan filter ini adalah suaranya yang bising, jadi sebagiknya digunakan untuk aquarium yang ditelakkan di ruang depan atau ruang tamu.

Hanging Filter

Filter gantung ini dikaitkan di tepi aquarium bagian atas. Selain mengasilkan aliran air dari atas, filter jenis ini menghasilkan udara di permukaan air, sehingga bisa berfungsi sebagai aerasi. Namun masih membutuhkan ring filter untuk meningkatkan kinerja filtrasi.

Undergravel Filter

Filter jenis ini menghasilkan filtrasi yang tinggi, namun beaya yang dibutuhkan untuk perawatannya tidak besar dan suara yang dihasilkan tipe ini tidak bising. Diletakkan di dasar aquarium dan dilapisi kerikil bagian atasnya, sehingga membuat anda harus rajin membersihkannya agar kotoran tidak menumpuk di dasar aquarium.

Yang perlu menjadi catatan Anda adalah, setiap filter air mempunyai kapasitas kinerja yang perlu di sesuaikan dengan ukuran aquarium dan jenis air yang nantinya akan digunakan dalam aquarium. Sehingga optimalnya kinerja filter, Anda dapatkan. Bagi pemula, sebaiknya memilih salah satu terlebih dahulu media yang dapat digunakan dalam ketiga proses filtrasi yang sudah disebutkan di atas. Dan pilihlah filter aquarium yang memiliki fitur kontrol aliran air dan priming otomatis, karena akan membuat anda lebih nyaman dan mudah menggunakan filter.

Baca Juga  7 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

7 Rekomendasi Filter Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Resun Cyclone External Filter (CY20)

Resun Cyclone External Filter (CY20) Filter Aquarium Terbaik

Daya listrik yang kecil dengan filtrasi optimal menjadi keunggulan filter ekternal tipe ini. Mampu memfilter bakteri serta menghilangkan organisme berbahaya untuk ikan, menjadi favorit karena hal itu dan karena keawetan dan kebandelannya.

Atman Hang-On Filter (HF-0600)

Atman Hang-On Filter (HF-0600) Filter Aquarium Terbaik

Bagi pemula hanging filter ini mudah dipasang, sehingga cocok untuk pemula, selain itu dengan fitur anti bising, kompatibel untuk air asin dan air tawar, dan yang jelas memberikan filtrasi yang memadai.

Sakkai Pro Bio Sponge Filter (AA-2831)

Sakkai Pro Bio Sponge Filter AA-2831 Filter Aquarium Terbaik

Dengan spons yang awet, filter jenis ini sangat cocok untuk jenis ikan air tawar. Dengan sistem multilayer sehingga tidak akan menyebabkan penyubatan, mudah dipasang dan dibersihkan menjadi beberapa keunggulan filter ini.

Jebo External Bio-Chemical Filter (225)

Jebo External Bio-Chemical Filter 225 Filter Aquarium Terbaik

Dengan mesin yang handal dan tahan lama, juga memberikan kenyamanan dengan suara tidak bising, dilengkapi bio ceramic ring, arang atau karbon aktif dan sponge filter menjadikan filter ini mampu bekerja dengan optimal untuk menjaga kebersihan dan kwalitas air tawar maupun asin (laut) di dalam aquarium Anda

Hikari Undergravel Filter (60)

Hikari Undergravel Filter 60 Filter Aquarium Terbaik

Filter dengan filtrasi biologis dan mekanis yang memadai ini mampu memanjakan pecinta aquascape. Karena dengan menambahkan bebatuan kerikil di atasnya, justru membuat tampilan aquarium semakin indah. Karena filter ini diletakkan di dasar aquarium Anda, yang hobi aquascape dan punya waktu lebih untuk membersihkan filter ini.

Armada Aquarium Top Filter (AR-900)

Armada Aquarium Top Filter AR-900 Filter Aquarium Terbaik

Dengan desain yang dirancang agar air tidak mudah meluap ketika filter kapas sudah kotor, filter ini cocok untuk aquarium berukuran sedang ataupun untuk Anda pecinta aquascape. Dengan perawatan yang mudah ketika mau mengganti filter. Namun bila sudah kotor mudah tercium bau dari luar dan suaranya mungkin akan mengganggu Anda pada malam hari.

Amara Aquarium Hangging Filter (AA-501)

Amara Aquarium Hangging Filter AA-501 Filter Aquarium Terbaik

Filter gantung untuk aquarium kecil Anda memberikan fungsi penyedotan kotoran atau minyak di permukaan air. Dan debit air yang dihasilkan seperti air terjun sehingga menambah nilai keindahan aquarium. Filter jenis ini tidak disarankan untuk aquarium bulat dan memiliki bingkai. Selain itu filter ini tidak didukung oleh fitur priming otomatis.

 

Demikian rekomendasi kami untuk filter air pada aquarium, tentukan pilihan Anda dengan banyak pertimbangan. Dan jangan lupa untuk tetap membersihkan air ataupun alat yang ada dan juga mengganti air aquarium secara berkala. Dan peliharalah biota jenis pemakan rumput dan pembersih kotoran di dasar aquarium Anda. Semoga semakin membantu dalam menyalurkan kegiatan di dunia aquarium ini.

About Dherta Elisabeth

Love Writing, Tech Enthusiast!